KONSEP KEBIDANAN

# konsep adalah suatu teori yang melandasi kebidanan.

# Praktik kebidanan atau midwifery practice adalah penerapan ilmu kebidanan dalam memberikan pelayanan atau asuhan kebidanan kepada klien dengan pendekatan manajemen kebidanan.

# Manajemen kebidanan adalah suatu metode yang dilakukan oleh bidan untuk memecahkan kasus kebidanan dengan metode pengkajian , analisa data , diagnosa ,perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi.

# Peran Fungsi dan Kompetensi Kebidanan

   1. Peran sebagai pelaksana

       Bidan adalah orang yang berperan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat . Contoh peran ini adalah : melakukan pemeriksaan kkehamilan , memberikan imunisasi , memberikan pelayanan KB , membantu persalinan , menjahit luka robekan karena persalinan , memandikan bayi , mengajari cara menyusui yang benar , mengajari senam lansia , dan lain sebagainya . Peran sebagai pelaksana suatu bidan terbagi menjadi empat poin , yaitu :

a. Tugas mandiri, yaitu sebagai seorang bidan kita harus memberikan pelayanan sesuai dengan kewenangan bidan , yang tertuang dalam permenkess No.1464 tahun 2010 tentang registrasi dan praktik bidan.

b. Tugas kolaborasi, yaitu seorang bidan harus mampu melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan suatu team untuk menyelesaikan kasus kebidanan.

c. Tugas ketergantungan atau merujuk, yaitu jika saat melayani klien terjadi kasus diluar kewenangan bidan , seorang bidan memiliki tugas ketergantungan untuk merujuk ke pihak yang enih berwenang .

d. Menetapkan manajemen kebidanan pada setiap asuhan, diantaranya yaitu mengkaji status kesehatan untuk memenuhi kebutuhan assuhan klien, meenentukan diagnosa berdasarkan kajian status kesehatan ,menyusun rencana sesuai dengan masalah yang di hadapi, melaksanakan tindakan, mengevaluasikan tindakan , menentukan rencana tidak lanjut , dam membuat catatan atau ddokumentasi .

       2. Peran sebagai pengelola

           Bidan adalah orang yangg di beri tanggung  jawab untuk mengelola suatu kegiatan , yaitu khususnya diberi tanggung jjawab untuk mengelola dan mengembangkan pelayanan kesehatan , misalnya pada posyandu balita dan lansia .

          3.. Peran sebagai pendidik

              Bidan adalah orang yang memberikan informasi serta pendidikan kesehatan kepada individu , keluarga, atau masyarakat . Contoh dari peran inni yaitu memberi tahu pada pada masyarakat cara merawat payuudara ibu menyusui , melatih dan membimbing kader-kader desa , siswa bidan dan melatih atau membina dukun beranak .

              4. Peran sebagai peneliti

                 Bidan adalah orang yang diharapkan bisa melakukan penelitian terapan secara individu mauun kelompok agar memperoleh teori-teori baru .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s